Friday, July 5, 2024
HomeKesehatanMenkes: Tingkatkan Teknologi Demi Kualitas Layanan Kesehatan

Menkes: Tingkatkan Teknologi Demi Kualitas Layanan Kesehatan

Jakarta – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan kementeriannya mendorong pemanfaatan produk inovasi dan teknologi untuk meningkatkan kualitas dan pemerataan pelayanan kesehatan. Produk tersebut dinilai sebagai peluang dan investasi jangka panjang.

Hal ini diungkapkan Budi dalam Demo Day Health Innovation Sprint Accelerator 2022 yang diselenggarakan di Jakarta.

“Melalui digitalisasi bidang kesehatan dan bioteknologi, Kementerian Kesehatan memiliki tiga prioritas untuk mendukung transformasi teknologi kesehatan di Indonesia, salah satunya adalah pengembangan ekosistem inovasi kesehatan terutama di bidang teknologi dan bioteknologi,” katanya dikutip dari siaran pers Kementerian Kesehatan, Jumat (25/3/2022).

Budi berharap Demo Day Health Innovation Sprint Accelerator menjadi langkah awal yang baik dalam menciptakan ekosistem pentahelix untuk inovasi kesehatan digital di berbagai daerah. Terutama melalui kolaborasi antara pemerintah, industri, perguruan tinggi, masyarakat, dan media.

“Melalui regulator yang telah disusun oleh Kemenkes diharapkan dapat menjembatani kebutuhan pengembangan inovasi dan memberikan jaminan kepada investor yang ingin berinvestasi,” ucapnya.

Kementerian Kesehatan melalui Digital Transformation Office (DTO) menggelar Health Innovation Sprint Accelerator 2022. Dalam kegiatan tersebut dipamerkan 5 inovasi kesehatan khusunya di bidang teknologi kesehatan (health-tch) dan bioteknologi (bio-tech).

Health Innovation Sprint Accelerator 2022 merupakan program inkubasi untuk para inovator di bidang kesehatan yang digelar oleh Kementerian Kesehatan RI melalui Digital Transformation Office (DTO) bekerja sama dengan United Nations Development Programme (UNDP) serta didukung oleh Pemerintah Jepang.

Program ini bertujuan membantu para inovator dari startup, universitas, dan lembaga penelitian dalam pengembangan inovasi mereka melalui program transfer pengetahuan dan inkubasi.

Ada 105 peserta yang mendaftar pada program tersebut. Dari seleksi inovasi tim health-tech dan bio-tech diperoleh 15 tim terpilih untuk mengikuti roadshow di berbagai kota di antaranya Kota Medan, Bandung, Surabaya, dan Makasar.

Hingga akhirnya dipilih 5 tim terbaik untuk memamerkan produk inovasinya dalam gelaran Demo Day Health Innovation Sprint Accelerator 2022 pada Kamis (24/3). Tiga besar yang dikategorikan sebagai Best Innovators dipilih dari hasil penjurian antara lain Nalagenetics (Clinical Decision Support), Femicam (FEMICAM Medical Camera), dan Semudah Health (NIRGOMO). Sementara inovasi terfavorit pilihan publik diraih oleh BIGStar (Big Data in Support of Analyctical Research) dan TeleFuture (Vital Sense).

Nalagenetics (Clinical Decision Support) (Bio-tech) adalah sebuah software berstandar Internasional (ISO) yang memiliki beberapa modul dan diciptakan untuk menjaga kualitas pengembangan produk keamanan dan kerahasiaan data.

BERITA LAIN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments